Rumah SUPI SMA Zaha, banjir pengunjung

Dalam rangka memeriahkan uji publik dan Expo Pendidikan di SMA Unggulan Hasshawaty Zainul Hasan BPPT, disediakan stand – stand bazar untuk sekolah – sekolah di bawah naungan yayasan pesantren Zainul Hasan (15/10). SMA Zainul Hasan 1 turut berpartisipasi dalam memeriahkan bazar itu dengan mengambil tema Rumah SUPI (susu kopi).
Sejak di buka pukul 09.00 WIB,rumah supi langsung banjir pengunjung. Mereka berbondong bondong mendatangi stand bazar sma zaha 1 tersebut. Berbagai macam kopi baik bubuk kopi dan kopi mentahnya serta aneka rasa susu pasteurisasi laris manis di beli oleh para pengunjung.
Menurut Khoirul Ulum penjaga stand bazar,ada tujuh jenis kopi yang di perjualkan. Diantaranya kopi nangka, arabika,robusta,librika,alit,excelcia dan yang paling mahal adalah kopi whine. Kopi whine ini mahal karena kopi ini berasal dari kopi arabika yang difermentasi selama 35 hari sehingga rasa yang dihasilkan lebih enak dibanding kopi yang lain. “ Kopi Whine ini mentahnya tembus harga Rp. 250.000/kg, kami hanya menjual kopi bubuk dalam bentuk kemasan,tapi untuk kopi robusta,kopi nangka dan kopi arabika kami jual mentah Rp 35.000 – Rp. 40.000 per 1 kilogram”, lanjut santri yang duduk di kelas XII ini.

Ketua Yayasan beserta Undangan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur saat mengunjungi rumah SuPi


Susu dan Kopi yang di pertunjukkan merupakan susu dan kopi yang berasal dari kecamatan Krucil, kabupaten Probolinggo. Ust Zainol Abidin yang merupakan wakil kepala sekolah bagian hubungan masyarakat memaparkan tema susu dan kopi ini diambil karena ingin mengangkat budaya lokal yang ada di kabupaten Probolinggo.“ Ini adalah aspirasi dari santri SMA Zaha 1, yang ingin mengangkat budaya lokal.Susu dan kopi dari Krucil ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan perlu kita publikasikan ke khalayak. Semoga susu dan kopi ini menjadi ikon baru kabupaten Probolinggo selain mangga dan anggur”, tutur ust Zainol.
Salah satu tamu kehormatan yang mengunjungi bazar adalah Ibu Ety Prawesty,Kepala Bidang P-SMA Provinsi Jawa Timur. Beliau juga tertarik mencoba rasa kopi Whine, “ rasa kopi whine ini sangat nikmat,harumnya seperti anggur dan di perut terasa hangat”,ungkap beliau sambil menikmati secangkir kopi whine tersebut.(ais)