LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL, SMA ZAHA 1 GELAR LOMBA SODOR DAN BAKIAK

Permainan tradisional merupakan budaya yang mengandung nilai kearifan lokal seperti nilai – nilai karakter yang penting untuk ditransformasikan kepada generasi muda. Sebagai upaya melestarikan kearifan lokal tersebut, SMA Zainul Hasan 1 mengadakan Gebyar Permainan Tradisional pada Ahad – Senin (4 – 5/06/2023) dengan menggelar lomba sodor dan bakiak. Acara yang merupakan puncak tema dari proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di gelar terpisah antara santri putra dan santri putri. Santri putra dilakasanakan pada Ahad (4/6) di halaman SMA Zaha 1 dan santri putri pada senin (5/6) di GOR Damanhuri Romly.

Apel Pembukaan

Lomba ini diikuti oleh seluruh santri SMA santri yang terbagi dalam 14 tim baik putra maupun putri di masing -masing cabang lomba sodor dan bakiak .Dengan menjaga sportifitas semua tim bertanding menikmati permainan – permainan yang sudah jarang dimainkan di lingkungannya. Tidak mau kalah, dewan asatid pun ikut bertanding sodor maupun bakiak yang menambah meriah acara ini.

Keseruan Bermain Sodor

Menurut pak Abdullah, wakil kepala bagian kurikulum SMA Zaha 1 menyampaikan bahwa acara ini merupakan aksi nyata dari tema P5 yaitu kearifan lokal sebagai salah satu upaya menjaga permainan tradisional yang hampir punah karena kemajuan teknologi. “Pada zaman sekarang, anak – anak dan remaja lebih suka permainan online daripada permainan tradisional seperti sodor dan bakiak ini. Akibatnya, remaja jaman sekarang lebih individualis dan kurang peduli satu sama lain. Tujuan kegiatan ini yang utama adalah untuk menjaga dan melestarikan permainan tradisional sebagai nilai – nilai kearifan lokal. Kebersamaan, gotong royong dan saling percaya merupakan nilai – nilai yang terkandung dari permainan tradisional ini” jelasnya saat sambutan pembukaan kegiatan.

Pada sesi putra, lomba sodor dimenangkan oleh kelas XI IPA tim 1 dan lomba bakiak dimenangkan oleh kelas X A tim 1. Sedang pada sesi putri, lomba sodor dimenangkan oleh kelas X C tim 3 dan lomba bakiak dimenangkan oleh kelas XI C IPA tim 2. Khusus santri putri , penampilan yel – yel terbaik diraih oleh kelas XI IPA C tim 1. Selamat pada pemenang! [ais]