ASAH KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS, SMA ZAHA GELAR ENGLISH CAMP

SMA Zainul hasan (Zaha) 1 Genggong, kecamatan Pajarakan terus mengasah kemampuan santrinya dalam berbahasa Inggris. Salah satunya dengan menggelar English Camp (Kemah bahasa Inggris, red) pada Ahad – Selasa (3-5/11/2019). Tidak seperti perkemahan Pramuka yang memakai tenda, kegiatan ini bermalam di Aula Barozain SMA Zainul Hasan 1 dan Laboratorium Komputer Puteri.
English Camp adalah kegiatan pengajaran di luar mata pelajaran untuk membantu pengembangan kemampuan Bahasa Inggris peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Kegiatan ini berlangsung di luar jam pelajaran sebagai kegiatan pilihan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris siswa
Kegiatan ini di bina oleh guru bahasa Inggris SMA Zaha Ustad Wahid Qomaruddin, Ning Kandiaz Kanzah karomiah, Ustadzah Susi Anisya, dan Ustadzah Juhrotun Nafisa. Adapun materi yang di fokuskan dalam kegiatan ini yaitu Pronoun Usage, Sentences formed (Past simple, Present simple, dan Future tense), Questions Formed (Yes/No Question dan WH-Question), Dialogue Concept (Greeting. And Farewell) dan selebihnya adalah praktik dalam komunikasi langsung dan membuat tulisan (telling,explaining dan describing).
Ust Wahid selaku penanggung jawab menuturkan bahwa pelajaran bahasa inggris hanya mendapat alokasi 2 jam pelajaran dalam seminggu, ini sangat kurang untuk membuat santri berani berbicara bahasa Inggris. “English Camp melatih kemampuan bahasa Inggris santri yang tidak hanya teori tapi lebih banyak praktek sehingga santri memiliki keberanian dan kemampuan dalam berbicara bahasa Inggris” ujarnya.
Kepala SMA Zaha 1 Genggong Bapak Eksan sangat mengapreasiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini tindak lanjut dari pembiasaan bahasa Inggris yang sudah dilakukan setiap hari sebelum memulai aktivitas Kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. “ Dengan english camp, diharapkan santri bertambah pengetahuan baik teori dan praktiknya” ujarnya.
Khoirul Ulum salah satu peserta English Camp dari kelas XII menngaku sangat senang dengan kegiatan ini. “ Saya sangat senang mengikuti english camp ini, ternyata bahasa inggris yang saya dapat di kelas belum ada apa – apanya dibandingkan dengan kegiatan ini” tuturnya.